Jenis Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Anak yang Sangat Penting

Jenis Nutrisi Untuk Perkembangan Otak Anak yang Sangat Penting

Memilih susu anak tentu dilakukan dengan berbagai pertimbangan yang cermat. Yakni yang pertama, jenis susu perlu disesuaikan dengan usia anak. Dan yang kedua, Anda para ibu juga perlu memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu.

Tahukah Anda bahwa ada terdapat sekiranya 7 jenis nutrisi untuk perkembangan otak anak yang sangat penting di masa tumbuh kembangnya. Nah, pada artikel ini kami sudah rangkum mengenai nutrisi tersebut dan Anda juga bisa cari tahu manfaatnya.

Pada ketiga tahun pertama usianya, anak akan mengalami proses pertumbuhan yang terbilang luar biasa di segala aspek kehidupannya. Dan pada usia 1 tahun, anak akan mulai belajar berjalan serta belajar berbicara.

Di usia 2 tahun, kemampuan berpikir anak akan berkembang pesat. Rasa ingin tahu anak pada usia 2 tahun mulai besar, naluri dalam mengeksplorasi segala hal yang terdapat di sekitarnya pun sangat tinggi. Sedangkan untuk usia anak 3 tahun, otak anak mulai memproduksi milyaran sel serta triliunan koneksi atau sinaps antar-sel.

Agar bisa membantu anak untuk mengembangkan kepintarannya, Anda bisa memberikan dukungan dengan membiarkannya bereksplorasi, dan memastikan anak untuk mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap. Langsung saja simak jenis nutrisi berikut ini!

DHA

Docosahexaenoic acid atau DHA merupakan sebuah komponen gizi yang tentunya sangat penting dalam mendukung perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak anak bayi. Sedangkan bagi orang dewasa, DHA sangat diperlukan supaya bisa menjaga otak agar terus berfungsi dengan normal. Berbagai penelitian juga telah menemukan bahwa defisiensi DHA mempunyai kaitan dengan menurunnya kemampuan belajar.

AA

AA adalah singkatan dari Arachidonic acid yang merupakan salah satu jenis asam lemak tidak jenuh. Dan bisa mendukung pembentukan otak, jaringan penglihatan, jaringan saraf, serta dapat membantu pembentukan sistem imun pada anak bayi.

Kolin

Kolin adalah sebuah zat yang memiliki tugas untuk mendukung perkembangan fungsi otak dan dapat meningkatkan fungsi daya ingat.

Asam Linoleat (Omega 6)

Asam Linoleat adalah asam lemak omega 6 yang merupakan unsur sangat penting dalam mendukung fungsi otak. Omega 6 ini mempunyai peranan penting di dalam pembentukan membran sel otak dan termasuk bagian penting dari enzim yang ada di dalam membran sel agar bisa mengedarkan nutrisi penting ke dalam dan ke luar sel.

Zat Besi

Zat besi tentunya sangat berperan penting dalam perkembangan sistem saraf. Apabila kekurangan zat besi, maka dapat mempengaruhi kepada fungsi kognitif dan tingkah laku pada anak bayi.

Vitamin A

Anak balita sangat membutuhkan asupan vitamin A yang cukup agar bisa mendukung pertumbuhan sel dan jaringan yang ada di tubuhnya. Selain itu, vitamin A juga terbilang penting untuk membantu mendukung fungsi penglihatan.

Asam Alfa Linolenat (Omega 3)

Asam lemak esensial ini sangat baik untuk membantu dalam pembentukan DHA. Omega 3 atau Asam Alfa Linolenat yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh ini termasuk kedalam salah satu komponen pembentuk otak.

Nah, itulah jenis nutrisi untuk perkembangan otak anak yang sangat penting. Pastikan Anda para ibu selalu memberikan makanan yang memiliki nutrisi di atas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *