sarapan pagi buat anak

Inilah 4 Manfaat Sarapan Pagi Buat Anak Sekolah

 

Sarapan setiap hari dapat membuat anak-anak bersemangat saat mereka berada di sekolah. Sarapan dapat dikenal sebagai makanan terpenting pada hari itu, tetapi di banyak keluarga, anak-anak terbiasa memulai hari tanpa makan pagi.

Faktanya, hingga 30 persen anak-anak usia 8 hingga 13 tahun tidak makan sarapan setiap hari, lapor University of Florida. Sarapan pagi buat anak setiap hari adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan kesehatan, perilaku, dan juga prestasi mereka.

Berikut manfaat sarapan pagi buat anak sekolah:

1. Kesehatan

Di era ketika obesitas pada masa anak-anak adalah masalah yang berkembang pesat, sarapan secara teratur mungkin menjadi bagian dari solusi. Anak-anak yang makan sarapan cenderung kurang gemuk; Hal yang satu ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa orang yang tidak makan biasanya makan lebih banyak kalori sepanjang hari.

Sarapan pagi juga dapat memberi anak-anak kesempatan untuk mengambil nutrisi penting; lebih sedikit makanan berarti lebih sedikit kesempatan untuk mendapatkan banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh mereka. Itu sebabnya tidak hanya makan sarapan yang diperhitungkan, tetapi memanfaatkan makanan dengan memilih makanan kaya nutrisi.

2. Perilaku dan Kinerja

Sarapan tidak hanya mengisi perut, tetapi juga dapat membantu anak-anak meningkatkan kinerja akademis mereka.

Anak-anak yang sarapan memiliki skor tes yang lebih tinggi, konsentrasi unggul dan juga koordinasi otot yang lebih baik, dan mereka cenderung tidak masuk kelas atau terlambat sekolah, menurut University of Florida.

Anak yang sarapan cenderung menunjukkan perilaku kelas yang lebih baik, dan berkinerja lebih baik dalam mata pelajaran tertentu seperti matematika, lapor Dr. Ronald E. Kleinman, kepala gastroenterologi anak dan nutrisi di Rumah Sakit Umum Massachusetts Boston dan profesor pediatri di Harvard Medical School.

3. Menciptakan Kebiasaan Sehat

Sarapan yang terlewatkan sesekali tidak perlu dikhawatirkan, tetapi anak-anak dari segala usia harus memiliki kebiasaan makan sebelum memulai hari.

Salah satu cara terbaik untuk membangun kebiasaan sarapan adalah keluarga duduk bersama di meja makan setiap pagi.

Anak-anak yang melihat orang tua mereka makan dan juga menikmati sarapan lebih cenderung melakukan hal yang sama, menurut University of Florida.

Melibatkan anak-anak kita dalam belanja makanan dan persiapan makanan juga dapat membuat lebih banyak minat dalam sarapan, terutama jika kita memberi mereka kebebasan untuk memilih beberapa makanan mereka sendiri.

4. Ide Sarapan

Jika anak-anak mengeluh tidak menikmati sarapan, atau mereka mudah bosan dengan makan pagi, tawarkan berbagai pilihan sarapan atau ubah menu dari minggu ke minggu.

Jika seluruh keluarga berada dalam kebiasaan sarapan, ingatlah bahwa makanan tidak harus menyertakan makanan sarapan khas seperti telur, sereal atau wafel.

Sehat dan mengisi adalah satu-satunya persyaratan nyata, jadi cobalah menyajikan sandwich kalkun dan keju pada roti gandum, kacang, telur dan keju burrito, salad telur pada roti panggang, pasta dengan sayuran tumis atau bahkan sisa dari makan malam terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *