4 Pilihan Investasi untuk pemula dengan Modal Minim

4 Pilihan Investasi Untuk Pemula Dengan Modal Minim

Investasi sering kali dikaitkan dengan jumlah modal yang besar dan juga pengelolaan keuangan yang cukup rumit. Namun, siapa sangka jika investasi juga bisa dilakukan oleh setiap orang dengan modal minim sekali pun. Saat ini, investasi untuk pemula bahkan sudah ditawarkan dengan berbagai kemudahan, baik dari segi modal maupun kemudahan transaksinya.

Adanya pilihan investasi dengan modal kecil tentu menjadi incaran banyak orang, terutama investor pemula. Jika kamu salah satu investor pemula yang menginginkan jenis investasi yang bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar, berikut pilihannya.

1. Sukuk ritel

Sukuk merupakan pilihan investasi yang termasuk obligasi syariah dan diterbitkan oleh negara secara retail. Secara administratif, sukuk ritel disebut sebagai Surat Berharga Syariah Negara Ritel. Surat berharga negara ini diterbitkan berdasarkan prinsip syariah dan tentu saja dengan modal minim.

Sukuk ritel bisa dibeli dengan harga yang cukup murah, yakni Rp1 juta per unitnya. Biasanya, bank penerbit sukuk akan menetapkan batasan minimum pembelian dengan besaran yang relatif murah.

Kamu juga tidak perlu khawatir tentang keamanan instrumen investasi yang satu ini karena penyedia jasa yang terpercaya akan mengelola dana yang kamu investasikan secara teliti dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

2. Saham

Saat mendengar kata “saham”, mungkin banyak orang yang berpikir tentang modal besar dan risiko yang sangat tinggi. Padahal, kamu juga bisa berinvestasi saham dengan modal yang minim sekali pun.

Saham tidak hanya bisa dimiliki oleh investor besar. Saat ini, tersedia berbagai materi tentang saham serta ahli keuangan yang bisa disewa untuk membantu kegiatan investasi sehingga pemula pun bisa dengan cepat memahami kinerja instrumen investasi yang satu ini.

Saat ini, siapa saja bisa berinvestasi saham hanya dengan modal ratusan ribu hingga Rp5 jutaan. Bahkan, dengan uang senilai Rp5 Juta, kamu juga sudah bisa membuat rekening di broker saham. Meski begitu, kamu tetap harus mendalami investasi ini dan mempelajari strategi yang tepat agar dapat memperoleh keuntungan yang signifikan, bukan malah mendapatkan kerugian.

3. Reksa Dana

Sekarang ini, reksa dana sudah menjadi instrumen investasi yang populer di kalangan masyarakat, terutama investor pemula. Kumpulan dana dari investor yang kemudian akan dibelikan berbagai instrumen investasi seperti saham atau obligasi di banyak perusahaan ini terus berkembang dan memberikan prospek yang bagus sehingga dipilih oleh masyarakat sebagai instrumen yang paling aman.

Dengan prinsip diversifikasi, kamu juga bisa lebih aman dalam melakukan investasi karena kamu tidak hanya menanamkan modal pada satu jenis aset sehingga risiko kerugian bisa diminimalisir.

Biasanya, perusahaan reksa dana akan mengharuskan investor untuk menyetor dana dalam jumlah besar. Namun, kamu tetap bisa menanamkan dana yang kamu miliki dengan modal awal sebesar Rp100 ribu. Bahkan, saat ini sudah banyak manajer investasi yang menetapkan nominal awal pendanaan reksa dana sebesar Rp10 ribu.

4. Emas

Jenis investasi yang satu ini sudah ada sejak zaman dulu. Namun, investasi emas tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia karena penyimpanannya dan juga sistem pencairannya yang tergolong sangat mudah.

Kamu hanya tinggal membeli emas dengan harga yang relatif murah, sekitar Rp600 ribuan, lantas menyimpannya di tabungan emas atau di rumah. Jika ingin mencairkannya, kamu tinggal menjual atau menggadaikannya di pegadaian.

Jika kamu berminat untuk melakukan investasi emas, kamu dapat memulainya dengan membeli dari satuan terkecil (hitungan gram). Gunakan pula strategi investasi yang tepat dengan menjualnya ketika harga pasar sedang tinggi. Keuntungan tersebut bisa kamu gunakan untuk menambah modal investasi kamu selanjutnya.

Dari 4 pilihan investasi untuk pemula dengan modal minim di atas, mana yang paling cocok untukmu?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *